Kegiatan
UNS TUAN RUMAH KONGRES HIPIIS
October 23, 2013
0

SOLO—Universitas Sebe­las Maret (UNS) Surakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Seminar Na­sional dan Kongres Him­pu­­nan Indonesia untuk Pe­ngembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS), Rabu (23/10) ber­tempat Auditorium kampus setempat.

Menurut Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi, MS, Se­minar Nasional yang berta­juk Pengembangan Ilmu Sosial untuk Mencerdaskan Ke­hidupan Bangsa ini, akan dihadiri oleh pakar dan ilmuwan sosial di seluruh Indonesia.

“Seminar Nasional ini akan di­buka oleh Ketua MPR RI Irjen Pol (Purn) Sidarto Da­n­­usubroto yang sekaligus seba­gai keynote speaker,” ujarnya ke­pada wartawan, Selasa (22/10) di Rektorat kampus setempat.

Seminar Nasional dan kong­res HIPIIS, lanjut Ravik, terselenggara untuk pengembangan ilmu sosial dalam pembangunan nasional. Selain itu, juga untuk menja­ring naskah hasil penelitian terbaru untuk didiskusikan dan menyediakan forum nasional untuk silaturahmi dan bertukar pikiran ilmuan di Indonesia.

Sementara Kongres dia­da­­kan untuk pelaporan per­ja­­lanan HIPIIS, pengenalan AD/ART HIPIIS, dan penetapan formatur untuk memilih struk­­tur pengurus yang baru pe­­riode 2013-2017. “Selain i­tu ju­ga akan dilaksanakan se­mi­nar bedah buku di Fa­kultas Ekonomi dan kuliah um­um oleh duta Besar untuk Emirat arab dan Brasil di Ruang Sidang Rektorat,” lan­jutnya.

Akan ada 12 pembica­ra pada Seminar Nasional ini, yakni Prof Dr M Mahfud MD, Dr Yudi Latief, Prof Dr Komarudin Hidayat, Mochammad Sobary, Prof Dr Malik Fajar, Prof Dr Ravik Karsidi, Dr Anies Baswedan, dan Prof Dr Hj Badia Perizade MBA, Prof Dr Azyumardi Azra, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuh MA. Dr Muhadjir Effendy MAP, dan Prof Dr Soediono Tjondronegoro.

Acara yang tidak kalah me­narik adalah pemberian penghargaan kepada tokoh-tokoh atau ilmuwan so­sial yang dinilai berjasa. Pem­berian penghargaan ini akan dilakukan bersamaan de­ngan makan malam yang dis­elenggarakan Pemerintah Ko­ta Surakarta bertempat di Pen­dhapi Gedhe Balaikota pa­da Rabu (23/10) malam. Li­ma ilmuwan social yang men­dapat penghargaan adalah Prof Dr Sodiono Tjondronegoro, Dr Ignas Kleiden, Dr Yudi latif, Dr (Hc) Mustafa Bisri, dan Prof Dr Musdah Mulia.  Rahayu Astrini.

Leave a Reply